IMPLEMENTASI BRANDING KAMPUNG CIGUNDI DESA MEKARAGUNG LEBAK BANTEN SEBAGAI DESA WISATA TANI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.23960/nm.v1i1.4Keywords:
Kampung Cigundi; Google; Desa Wisata; Wisata Tani; Website; Media SosialAbstract
Kampung Cigundi di Desa Mekaragung Lebak Banten yang mayoritas warganya berprofesi sebagai petani memiliki suatu keunikan, yaitu adanya kolaborasi antara suami dan istri dalam upaya peningkatan perekonomian keluarga dimana para suami tergabung dalam Kelompok Tani Surya Tani (KST), kelompok tani yang memanfaatkan lahan untuk bercocok tanam khususnya menanam singkong. Sedangkan para istri dan anak-anak tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Pagoda yang memanfaatkan singkong hasil panen para suami menjadi produk unggulan kripik enye-enye. Kerjasama unik ini berpotensi menjadikan Kampung Cigundi sebagai Desa Wisata Tani. Sayangnya keunikan dan informasi tentang keberadaan Kampung Cigundi sangat minim baik secara fisik seperti petunjuk arah maupun non fisik seperti di mesin pencari Google. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan melakukan Branding Kampung Cigundi sebagai Desa Wisata Tani berbasis teknologi informasi dengan membuat website dan media sosial Facebook dan Instagram Kampung Cigundi agar informasi keunikan dan keberadaan Kampung Cigundi mudah ditemukan di mesin pencari Google. Pada akhir kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, website dan media sosial Facebook dan Instagram Kampung Cigundi telah masuk halaman pertama pencarian google dengan kata kunci kampung cigundi.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Abdimas Nemui Nyimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.