Pengembangan Wisata Edukasi Energi Baru dan Terbarukan di Sekolah Alam Lampung

Authors

  • Muhammad Irsyad
  • Subuh Tugiono
  • Harmen Harmen
  • Amrizal Amrizal
  • Martinus Martinus

DOI:

https://doi.org/10.23960/nm.v3i1.60

Keywords:

Energi terbarukan, energi air, energi angin, energi matahari

Abstract

Sumber energi fosil Indonesia termasuk banyak, namun dengan eksplorasi yang terus meningkat, jumlah cadangan energi seperti minyak bumi dan gas alam terus berkurang. Indonesia juga memiliki potensi energi terbarukan yang berlimpah seperti: energi mataharri, energi  biomassa, energi panas bumi, energi angin dan energi air laut. Pemanfaatan energi baru dan terbarukan ini juga didukung dengan kebijakan pemerintah yakni mencapai 23% pada tahun 2025. Perlu ada upaya mensosialisasikan penggunaan energi baru dan terbarukan kepada masyarakat. Edukasi tentang energi baru dan terbarukan ini sangat penting dan memberikan dampak yang baik apabila dilakukan kepada siswa dan mahasiswa, sehingga dapat melahirkan inovasi baru atau teknologi tepat guna dalam pemanfaatan energi baru dan terbarukan ini. Sekolah Alam Lampung dengan jenjang pendidikan mulai PAUD, TK, SD, SMP, sampai SMA memiliki ke khasan dalam pelaksanaan pendidikan yang membiasakan peserta didik berinteraksi dengan lingkungan, sehingga mereka terbiasa dengan fenomena alam, pemanfaagtan dan pemeliharaan alam. Model pendidikan ini sangat cocok untuk memasyaraktkan energi baru dan terbarukan kepada siswa, atau masyarakt luas. Program Pengabdian kepada Masyarakat dengan judul: Pengembangan Wisata Edukasi Energi Baru dan Terbarukan cocok dilakukan di Sekolah Alam Lampung ini. Dalam program ini akan dibuat miniatur pemanfaatan energi baru dan terbarukan seperti: energi air dengan turbin airnya, energi angin dengan turbin anginnya, energi matahari dengan sel surya/photovoltaic dan pemanas airnya. Untuk pembangkit-pembangkit ini akan dihasilkan energi listrik yang dapat menghidupkan lampu. Selain itu juga dilakukan pembekalan kepada siswa terkait dengan pemanfaatan energi baru dan terbarukan ini, sehingga setelah kegiatan ini berakhir mereka dapat menjadi guide/duta energi baru dan terbarukan yang akan menjelaskan dengan baik dan benar ke setiap pengunjung dan Sekolah Alam Lampung berkembang menjadi objek Wisata Edukasi Energi Baru dan Terbarukan. Pelatihan dan praktik yang dilakukan mampu memotivasi siswa Sekolah Alam Lampung menjelaskan secara baik dalam bentuk video yang diunggah di instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

16-05-2023

How to Cite

Irsyad, M., Tugiono, S., Harmen, H., Amrizal, A., & Martinus, M. (2023). Pengembangan Wisata Edukasi Energi Baru dan Terbarukan di Sekolah Alam Lampung. Nemui Nyimah, 3(1). https://doi.org/10.23960/nm.v3i1.60