SOSIALISASI PELATIHANAN APLIKASI TRELLO UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN ORGANISASI DI KOPI ANJOSIA
DOI:
https://doi.org/10.23960/nm.v5i1.170Keywords:
Aplikasi Trello, Literasi Digital, Manajemen Proyek, UMKM, KopiAbstract
Kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat platform manajemen proyek menjadi hal yang penting untuk dikuasai, terutama bagi penggiat usaha UMKM. Salah satu aplikasi mengatur kegiatan yang dapat membantu meningkatkan literasi digital dan manajemen organisasi adalah Trello. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan sosialisasi pelatihan penggunaan aplikasi Trello kepada pengusaha UMKM Kopi Anjosia. Metode yang digunakan adalah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh tim pengabdian. Materi pelatihan meliputi pengenalan aplikasi Trello, cara mengunduh dan mengaplikasikannya, serta membantu pengguna merencanakan dan menyelesaikan pekerjaan yang lebih efisien. Setelah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari tim pengabdian, para pegawai mampu mengoperasikan aplikasi Trello dengan baik dan dapat sistem perencanaan pekerjaan yan baik. Kegiatan PKM ini membantu pekerjaan manajemen Kopi Anjosia dalam merencakan beberapa pekerjaan yang akan datang. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi penggiat UMKM lainnya dalam memperkenalkan dan melatih penggunaan aplikasi Trello sebagai alat bantu merencanakan pekerjaan.
Downloads
References
Alfriansa Agustina, Anggara Setya Saputra, Devit Bagus Indranika, Suryoto, Oti Kusumaningsih, Johar Mamuri, & Emiraldo Win Pazqara. (2022). Increasing Digital Literacy in Realizing Golden Indonesia. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(10), 2091–2108. https://doi.org/10.55927/eajmr.v1i10.1920
Barykin, S., Naumova, E., Dedyukhina, N., Parfenov, A., Burova, A., & Ostrovskaya, N. (2022). ADAPTING THE EDUCATION SYSTEM TO THE CONDITIONS OF THE DIGITAL TRANSFORMATION OF LABOR MARKET: RUSSIAN CASE. In Journal of Management Information and Decision Sciences (Vol. 25).
Genius IT Brainery. (2024). Digital Skills for Work Increases Work Efficiency. Https://Geniusitbrainery.Com/Digital-Skills-for-Work-Increases-Work-Efficiency/.
Grefen, P. (2021). Digital Literacy and Electronic Business. Encyclopedia, 1(3), 934–941. https://doi.org/10.3390/encyclopedia1030071
Kudinova, O. A., Kudinova, V. I., & Kudinova, V. I. (2022). DIGITAL TECHNOLOGIES INTRODUCTION IN TEACHING FOREIGN LANGUAGES BY THE EXAMPLE OF USING MOBILE APPLICATIONS. Sovremennye Issledovaniya Sotsialnykh Problem, 13(4), 544–557. https://doi.org/10.12731/2077-1770-2021-13-4-544-557
Martínez-Bravo, M. C., Chalezquer, C. S., & Serrano-Puche, J. (2022). Dimensions of Digital Literacy in the 21st Century Competency Frameworks. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031867
Ridho, A., Sujud, M., & Izzah S.M. Aksan, N. (2022). THE URGENCY OF UNDERSTANDING DIGITAL LITERACY IN THE FLOW OF DIGITALIZATION OF COMMUNICATION AND INFORMATION. QAULAN, 3(2), 199–219. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/qaulan.v3i2.4664
Rupesh Garg. (2024, December 9). Trello for Remote Teams: Best Practices. Https://Www.Frugaltesting.Com/Blog/Trello-for-Remote-Teams-Best-Practices.
Shchetynina, O., Kravchenko, N., Horbatiuk, L., Alieksieieva, H., & Mezhuyev, V. (2022). Trello as a Tool for the Development of Lifelong Learning Skills of Senior Students. Postmodern Openings, 13(2), 143–167. https://doi.org/10.18662/po/13.2/447
Wati, S. (2022). Program Literasi Berbasis Web Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Masyarakat Kelurahan Nagarasari Di Kota Tasikmalaya Jawa Barat. LOYALITAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 54–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nemui Nyimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.